Pengen foto macro, tapi terganjal budget karena lensanya mahal ??Kata SIAPA ??!!!Ada beberapa alternatif asesories pilihan yang sengaja kami rangkum untuk foto macro jadi lebih mudah.

1. Close-up filter
Close-up filter adalah lensa filter yang dipasang di depan lensa. Fungsinya kurang lebih mengurangi jarak minimal fokus sehingga objek foto menjadi lebih besar saat direkam. Kualitas close-up filter sangat bervariasi, biasanya yang murah (sekitar 100 ribu) tapi kualitasnya buruk dan ada juga yang kualitasnya tinggi tapi harganya lumayan mahal (satu atau dua juta lebih). Keuntungan filter ini adalah, auto focus dan fungsi2 kamera masih beroperasi seperti biasanya. Kita ready Green L Close up +8 lho... :D


2. Extension Tube
Extension tube adalah tabung kosong yang dipasang diantara kamera dan lensa. Dengan adanya tabung ini, kita bisa fokus lebih dekat ke objek foto. Extension Tube yang murah biasanya tidak memiliki kontak elektronik, jadinya tidak bisa auto fokus (manual). Yang bisa, seperti Canon EF 25 II Extension Tube biasanya jauh lebih mahal. Kita ready yang manual ya :)
 

3. Reversing Ring
Dengan mengunakan cincin ini, kita bisa membalikkan lensa non-makro menjadi bersifat seperti lensa makro. Metode ini cukup diminati oleh para penghobi fotografi karena biaya yang relatif murah. Kualitas foto lumayan dan tergantung dari lensa yang direverse. Misalnya lensa 50mm akan memberikan hasil lebih baik daripada lensa 18-55mm. Auto focus juga tidak berjalan, sehingga manual fokus dan pemakaian tripod hampir harus dilakukan. Kita ready ukuran 52mm dan 58mm for canon nikon broo :D


4. Raynox DCR-250
Raynox dcr-250, adalah sejenis filter pembesar yang hampir sama dengan filter close up. Bedanya pemasangannya didepan lensa dengan cara dijepit atau menggunakan penjepit yang mencakup diameter 52mm hingga 67mm. Sehingga menguntungkan pemakai yang tidak perlu repot membeli filter baru karena ukuran yg tidak sesuai dengan lensa. Namun cara kerjanya tetap manual dan harus cukup dekat dengan objek yang diambil.



Gimana broo...Cukup menarik kan ??
Dengan harga yang ga bikin leher tercekik, foto macro bisa tetap jalan.
Pilih salah satu yang cocok, and GO HUNTING :D