Kunci keberhasilan sebuah foto adalah unsur ketajaman. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips untuk menghasilkan foto yang tajam.
  • AWALI DENGAN TRIPOD
Fotografer yang professional maupun yang amatir sebagian dari mereka mengatakan bahwa Tripod bagian terpenting dari perlengkapan fotografi kalau menginginkan foto yang tajam. Tripod bisa membuat kamera stabil dan mencegah terjadinya goyangan dari tangan. Tripod yang berkualitas bagus dan kokoh tentu tidak murah tapi ini merupakan bagian dasar dari perlengkapanmu dan fondasi dari foto yang tajam.
  • CABLE RELEASE
Ini adalah sebuah kabel yang terhubung dengan kameramu. Dengan menekan tombol pada release ini, kamu tidak akan memindahkan gerakan apapun dari tangan ke kamera
  • SELF TIMER
Jikalau kita lupa membawa cable release, kita juga bisa menggunakan fitur self timer, ini juga terbukti bisa membuat foto lebih tajam, tapi dengan catatan tetap kita membutuhkan bantuan tripod biar gambar tetap terfokus dan tidak terjadi blur.
  • MENGGUNAKAN APERTURE PALING TAJAM PADA LENSA
Semua lensa punya sweet spot yang menghasilkan foto tertajam pada aperture tertentu. Kamu bisa mengenali sweet spot ini dengan membandingkan hasil foto dari bukaan aperture yang beda.
  • ISO
Hindari pada saat kita melakukan pemotretan menggunakan ISO tinggi karena bisa mengurangi ketajaman hasil poto. Selain itu mengakibatkan noise dalam foto.
  • IMAGE STABILIZATION / VIBRATION REDUCTION
Jika kamu punya lensa atau kamera yang dilengkapi image stabilization atau VR (vibration reduction), selalu hidupkan, fitur ini berfungsi meminimalkan adanya hasil foto blur/shake dikarenakan guncangan dari tangan kita(kapasitas kecil) karena ini juga sangat membantu agar foto kita tajam.

Semoga bermanfaat :)

0 Comments